Senin, 24 November 2014

Persiapan sebelum berangkat haji tahun 2014

Dalam kesempatan ini kami ingin berbagi dengan saudara-saudaraku tentang persiapan sebelum menunaikan Ibadah Haji tahun 2014.
Alhamdulillah tahun 2014, kami termasuk dalam daftar jemaah haji kloter 12 embarkasi Padang. Setelah menunggu selama lima tahun. Sulit untuk melukiskan bagaimana perasaan ketika itu. Rasanya seperti tak sabar untuk melihat Kakbah, dan berdoa di sana. Tak ingin perjalanan haji ini, menjadi perjalanan yang biasa-biasa saja, karena itu, semua persiapan mulai di rencanakan. 


Sejak mengetahui kepastian nama kami ada dalam daftar jemaah haji tahun 2014, kami langsung mempersiapkan segala sesuatunya, yang paling utama adalah persiapan ilmu tentang Ibadah Haji itu sendiri. Setahu kami, Persiapan Ilmu ada berbagai cara diantaranya:

1. Mengikuti Manasik yang diadakan KBIH, IPHI, dan private dengan bayaran tertentu.
2. Mengikuti manasik yang di adakan oleh Kemenag Setempat, manasik ini gratis.
3. Membaca Alquran dan kitab2 yang menjelaskan tentang Haji. tentu saja ini gratis.

dari beberapa cara di atas, kami memilih mempelajari ayat Alquran dan Kitab khusus tentang Masalah Haji, Yang menjadi santapan pertama adalah buku Fikih Sunnah julid 5 tentang Haji. Dalam buku ini di gambarkan bagaimana pelaksanaan haji mulai dari anjuran2 sebelum berangkat, pelaksanaan, dan sampai pulang ke rumah kembali. tentu saja tak ketinggalan hukum2 mengenai hal2 detail tentang haji. Miqad, Niat, Ihram, Umrah, Tawaf, Sa'i, Wukuf, Musdalifah, Mabid di Mina, pokoknya semua dikupas tuntas.

Kami juga menghadiri Manasik yang diadakan Kemenag ketika ada informasi2 yang diperlukan, seperti akan mengurus Paspor, kesehatan dll.

Informasi detail tentang keberangkatan, pemondokan, tranportasi dan lain2 bisa juga di dapat dari website kemenag.   

(Bersambung)

Tidak ada komentar: